Tamanuri1

Drs. H. Tamanuri, MM

function popupCenter(pageURL, w,h) {var left = (screen.width/2)-(w/2);var top = (screen.height/2)-(h/2);var targetWin = window.open (pageURL, '_blank','toolbar=no, location=no, directories=no, status=no, menubar=no, scrollbars=no, resizable=no, copyhistory=no, width='+w+', height='+h+', top='+top+', left='+left);}function pinIt(){var e = document.createElement("script");e.setAttribute('type','text/javascript');e.setAttribute('charset','UTF-8');e.setAttribute('src','https://assets.pinterest.com/js/pinmarklet.js?r='+Math.random()*99999999); document.body.appendChild(e);}

Dilahirkan di Tanah Abang (Lampung), 8 Agustus 1952, suami Maria Merry yang dikaruniai 5 orang anak ini menduduki posisi sebagai Anggota DPR RI Komisi II dari Fraksi Partai Nasdem setelah mengantongi 76.081 suara dari Daerah Pemilihan Lampung II (Kab. Lampung Tengah , Lampung Timur, Lampung Utara, Mesuji, Pringsewu, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Way Kanan). Pria yang sejak menyelesaikan pendidikan tingginya di APDN Tanjung Karang, Lampung (1977) telah menggeluti birokrasi pemerintahan ini, kini ditunjuk untuk menjadi wakil Fraksi Partai Nasdem di komisi yang membidangi; pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur negara, agraria, dan Komisi Pemilihan Umum.

Menempuh pendidikan dasar hingga Sarjananya di Lampung, Ia menyelesaikan Pendidikan Master Manajemennya di Jakarta. Berbagai kursus terkait jabatannya sebagai birokrat pernah ia ikuti. Karir sebagai birokrat yang terus cemerlang membuatnya terpilih untuk mengikuti kursus-kursus kepemimpinan aparat pemerintah mulai dari SPADYA (Sekolah Pimpinan Madya), SPAMEN (Sekolah Pimpinan Menengah) hingga SUSPIM (Kursus Kepempinan Pemerintahan Dalam Negeri).

Pada tahun 2002 Lulusan STIA LAN, Jakarta ini mendeklarasikan berdirinya Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama beberapa koleganya. Ia juga ditunjuk untuk memimpin organisasi ini hingga 2010. Partai Nasdem menunjuk Mantan Walikota Waykanan 2 periode ini (2000-2010) sebagai ketua Dewan Pakar Partai Nasdem Provinsi Lampung karena kepakarannya dalam bidang pemerintahan. Ia memperoleh berbagai penghargaan dari pemerintah karena pengabdiannya yang besar bagi Indonesia.

Drs.H. Tamanuri, MM, dianugerahi Manggala Karya Kencana BKKBN (2002), Satya Lencana Wira Karya Menteri Koperasi, Sartya Lencana Satya Presiden (2004), Satya Lencana Wira Karya 2004 – Presiden Satya Lencana Pembangunan-Presiden(2006) , Satya Lencana Karya Satya (30 Th) – Presiden (2007), Lencana Melati Kwarnas Pramuka, 2009, Satya Lencana Pembangunan – Presiden, Bintang Legiun-Veteran Ri (2009).

Berbagai pemikirannya berdasarkan serapan suara dari masyarakat soal sistem pemerintahan efektif kini memiliki saluran perjuangan nyata di Komisi II DPR RI. Mulai dari soal pemekaran wilayah, daerah otonom, hingga soal Pilkada akan Ia perjuangkan sebagaimana janji kepada konstituennya secara khusus.