HAJI ENDRE SAIFOEL

H. Endre Saifoel

function popupCenter(pageURL, w,h) {var left = (screen.width/2)-(w/2);var top = (screen.height/2)-(h/2);var targetWin = window.open (pageURL, '_blank','toolbar=no, location=no, directories=no, status=no, menubar=no, scrollbars=no, resizable=no, copyhistory=no, width='+w+', height='+h+', top='+top+', left='+left);}function pinIt(){var e = document.createElement("script");e.setAttribute('type','text/javascript');e.setAttribute('charset','UTF-8');e.setAttribute('src','https://assets.pinterest.com/js/pinmarklet.js?r='+Math.random()*99999999); document.body.appendChild(e);}

Endre Saifoel yang di daerah pemilihan Sumatera Barat dan kampung halamannya akrab disapa Haji Wen ini merupakan politisi kelahiran Muara Kelaban 29 Juli 1972. Endre merupakan politisi baru yang berhasil mendapatkan simpati dan suara rakyat dari daerah pemilihan Sumatera Barat I yang meliputi 11 kabupaten/kota; Pesisir Selatan, Solok, Sijunjung, Tanah Datar, Kepulauan Mentawai, Dharmasraya, Solok Selatan, Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto dan Kota Padang Panjang.

Pengusaha muda ini melabuhkan pilihan politiknya kepada Partai NasDem dan merupakan partai politik pertamanya yang juga ia yakini sepenuh hati dapat menjadi tumpangan idealismenya dalam membangun daerah kelahirannya, Sumatera Barat. Terpilihnya Endre sebagai wajah baru, membuktikan bahwa masyarakat Minangkabau dan Sumatera Barat tak lagi sepenuhnya percaya kepada wakil rakyat yang selama ini mereka pilih. Partai NasDem sebagai partai yang membawa gagasan perubahan dengan politisi dengan rekam jejak bersih, menjadi tumpuan harapan masyarakat.

Dengan memperoleh 38.249 suara, Endre saat ini duduk di Komisi VII yaitu meliputi bidang Energi Sumber Daya Mineral, Riset & Teknologi, Lingkungan Hidup. Lingkup kerja yang berhubungan dengan sumber daya mineral dan energi bukanlah hal yang baru baginya, ia memahami bumi Sumatera Barat yang kaya akan hasil tambang, namun belum mampu membawa kesejahteraan menyeluruh bagi seluruh masyarakat. Endre melihat bahwa dengan alam yang kaya dan subur, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumbar masih jauh dari perkembangan, bahkan kalah dari propinsi tetangga.

Dengan aktifnya ia di Komisi VII, Endre demikian mengharapkan dapat membawa kontribusi besar dalam proses proses legislasi mengenai sumber daya alam dan mineral, serta dapat bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya Sumatera Barat. Ia pun menyoroti lemahnya daya saing perekonomian Sumbar harus dapat diselesaikan, ia pun berkomitmen untuk membangun komunikasi intensif dengan pemerintah dan masyarakat di daerah untuk terjadinya link and match program kepada rakyat.

Suami dari Cempaka Putri dan ayah dari dua 2 orang anak ini demikian memimpikan Sumatera Barat yang sejahtera. Ia pun memiliki gagasan untuk menyinergikan kampung halaman dengan perantauan, yang menjadi bagian dari budaya Minang. Peningkatan perekonomian di Sumbar tidak hanya dapat diwujudkan dengan sinergi bersama pemerintah, namun juga pihak swasta, khususnya para perantau Minang yang telah sukses di banyak daerah bahkan hingga ke mancanegara.

Aktivitas Endre Saefoel dapat dipantau melalui website www.endresaifoel.com, akun sosial media facebook page  H. Endre Saifoel dan twitter dengan nama akun @EndreSaifoel.