LUTHFI ANDI MUTTY

Dr. Muchtar Luthfi A. Mutty, M.Si

function popupCenter(pageURL, w,h) {var left = (screen.width/2)-(w/2);var top = (screen.height/2)-(h/2);var targetWin = window.open (pageURL, '_blank','toolbar=no, location=no, directories=no, status=no, menubar=no, scrollbars=no, resizable=no, copyhistory=no, width='+w+', height='+h+', top='+top+', left='+left);}function pinIt(){var e = document.createElement("script");e.setAttribute('type','text/javascript');e.setAttribute('charset','UTF-8');e.setAttribute('src','https://assets.pinterest.com/js/pinmarklet.js?r='+Math.random()*99999999); document.body.appendChild(e);}

Muchtar Luthfi A. Mutty, atau yang akrab disapa Luthfi merupakan politisi yang banyak membangun daerah kelahirannya. Betapa tidak, ia merupakan Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan selama dua periode, dari 1999-2009. Penerima penghargaan tinggi Bintang Jasa Utama ini merupakan tokoh yang dikenal berperan penting dalam penciptaan keamanan dan stabilitas di daerah yang rawan pertikaian itu.

Luthfi mampu membawa Kabupaten Luwu Utara, yang baru dimekarkan pada masa awal jabatannya, menjadi daerah yang mampu tumbuh dan berkembang, bahkan meninggalkan daerah-daerah lainnya yang relatif stabil. Selain sektor keamanan, Luthfi juga fokus dalam pembangunan sekolah selama 10 tahun pemerintahannya di kabupaten yang baru si Sulawesi Selatan itu.

Ya, politisi yang membawa nama baik Luwu Utara dan Sulawesi Selatan ini lahir di Masamba, Sulawesi Selatan pada 01 September 1959. Setelah masa baktinya di kampung halaman, ia pun berkeinginan besar untuk dapat membangun Sulawesi Selatan dan juga Indonesia. Keputusannya untuk mengabdi di lembaga perwakilan ia jalani bersama Partai NasDem. Luthfi merupakan perwakilan Sulsel di Senayan yang terpilih dari daerah pemilihan Kab. Enrekang, Kab. Luwu, Kab. Luwu Timur, Kab. Luwu Utara, Kab. Pinrang, Kab. Sidenreng Rappang, Kab. Tanah Toraja, Kab. Toraja Utara, dan Kota Palopo.

Dengan jumlah dukungan 39.828 suara, Luthfi dipercaya oleh Fraksi NasDem untuk duduk di Komisi II yaitu yang menyangkut bidang Pemerintahan Dalam Negeri & Otonomi Daerah, Aparatur & Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertahanan & Reforma Agraria. Sebelum dudk sebagai anggota DPR, Luthfi merupakan staf ahli Wakil Presiden Boediono. Maka, dengan duduknya ia di Komisi II memang bukanlah keputusan yang keliru, karena Luthfi telah berpengalaman dalam bidang-bidang tersebut.

Selain tugas di komisi, saat ini Luthfi juga tercatat sebagai Kapok Badan Legislasi (Baleg) 2014-2019. Magister Ilmu Administrasi ini merupakan spokeperson dalam banyak sosialisasi mengenai peraturan pilkada baru yang akan diselenggarakan serentak di akhir 2015 ini. Untuk dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan Muchtar Luthfi A. Mutty, ia memilih jejaring sosial sebagai medium, dengan akun facebook Luthfi A.Mutty dan akun twitter @LuthfiMutty. Alamat domisilinya di Desa Meli. Kecamatan Baebunta. Luwu Utara. Sulawesi Selatan.