SULAIMAN HAMZAH

Sulaiman L. Hamzah

function popupCenter(pageURL, w,h) {var left = (screen.width/2)-(w/2);var top = (screen.height/2)-(h/2);var targetWin = window.open (pageURL, '_blank','toolbar=no, location=no, directories=no, status=no, menubar=no, scrollbars=no, resizable=no, copyhistory=no, width='+w+', height='+h+', top='+top+', left='+left);}function pinIt(){var e = document.createElement("script");e.setAttribute('type','text/javascript');e.setAttribute('charset','UTF-8');e.setAttribute('src','https://assets.pinterest.com/js/pinmarklet.js?r='+Math.random()*99999999); document.body.appendChild(e);}

Sulaiman Hamzah bukanlah nama yang asing di tanah Papua. Ia aktif di banyak organisasi, baik sosial dan politik, juga menjadi penguasaha yang memberdayakan perekonomian masyarakat Papua. Hal itu memang menjadi impian politisi berusia 60 semenjak dulu. Sulaiman lahir di Lewotolok, NTT, pada 18 Agustus 1954. Saat ini ia duduk di Komisi IV, yang membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan.

Sulaiman Hamzah terhitung aktif dalam kegiatan organisasi, ia pernah menjabat sebagai   Ketua Dewan Pembina Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jayapura, dan Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jayapura. Keinginannya untuk membangun sektor pertanian Papua agar mampu menjadi penopang pangan nasional, juga mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat di tanah nan subur itu telah ditunjukkan Sulaiman sedari awal.

Berbagai organisasi ia jalankan untuk mendorong pertanian dan perekonomian masyarakat Papua menjadi lebih baik. Misalnya saja Yayasan Pondok Karya Pembangunan Jayapura di mana Sulaiman Hamzah menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina, Ketua Bidang Koperasi & UKM Kamar Dagang & Industri (Kadin) Papua, Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Papua, juga Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Papua.

Politisi yang bernama lengkap Sulaiman Lessu Hamzah ini sangat yakin bahwa tanah Papua akan mampu membawa kemakmuran yang sesungguhnya bagi masyarakatnya jika para pemimpinnya memiliki visi pembangunan jangka panjang. Pertanian merupakan salah satu kekuatan tanah Papua yang seharusnya menjadi kekuatan masyarakatnya. Sekretaris DPW Papua ini mengharapkan Papua dapat menjadi daerah swasembada pangan dan bahkan dapat penyuplai bahan pangan pokok ke daerah sekitarnya.

Sulaiman memang bukanlah wajah baru di parlemen Senayan. Ia merupakan anggota MPR periode 1999-2004 sebagai anggota Fraksi Utusan Daerah mewakili Papua. Saat ini, Partai NasDem menjadi pelabuhan politiknya. Hadir di Senayan dengan jumlah suara 80.623, membuat Sulaiman tak ingin mengecewakan masyarakat Papua. Ia berkeyakinan bahwa ketika visi pertaniannya dikombinasikan dengan tekad restorasi sikap dan mentalitas masyarakat, akan membawa rakyat kepada kemakmuran dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Alamat  : Jl. Khembili no.15, RT.01/RW.05, Sentani. Jayapura. Papua