YAYUK SRI RAHAYU

drg. Hj. Yayuk Sri Rahayu Ningsih, MM, MH

function popupCenter(pageURL, w,h) {var left = (screen.width/2)-(w/2);var top = (screen.height/2)-(h/2);var targetWin = window.open (pageURL, '_blank','toolbar=no, location=no, directories=no, status=no, menubar=no, scrollbars=no, resizable=no, copyhistory=no, width='+w+', height='+h+', top='+top+', left='+left);}function pinIt(){var e = document.createElement("script");e.setAttribute('type','text/javascript');e.setAttribute('charset','UTF-8');e.setAttribute('src','https://assets.pinterest.com/js/pinmarklet.js?r='+Math.random()*99999999); document.body.appendChild(e);}

“Dengan semangat gotong royong tanpa kenal lelah, warga negara harus pro aktif dalam pembangunan.”

Yayuk Sri Rahayu merupakan politisi Partai NasDem yang terpilih dari daerah pemilihan Jawa Timur VII sebagai perwakilan dari Nasdem, meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi. Politisi perempuan ini telah memiliki pengalaman sebagai legislator di tingkat kabupaten, yaitu Kabupaten Ngawi sejak tahun 1997 hingga 2013. Bahkan di dua periode terakhir, Yayuk demikian ia biasa dipanggil, menjabat sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Ngawi.

Namun selain aktivitas dan pengabdiannya sebagai anggota dewan, pada 2010 Yayuk Sri Rahayuningsih merupakan inisiator Ormas Nasional Demokrat Kabupaten Ngawi dan menjadi ketua. Setahun kemudian, setelah dideklarasikannya Partai NasDem, Yayuk juga menjadi inisiator Partai NasDem di Kabupaten Ngawi.

Komitmennya terhadap pengabdian merupakan satu prinsip yang membawanya ke dalam aktivitas politik. Lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada pada tahun 1983 ini memang awalnya seorang dokter gigi yang mengabdi di Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi. Yayuk yang bersuamikan drg. H. Kusmawan W, Sp Prosth, Msi ini akhirnya memilih jalur politik sebagai jalannya untuk membuat perubahan, baik bagi daerahnya dan negerinya.

Sri Rahayuningsih lahir di Bandung, 8 Desember 1958. Ibu dua anak ini menjalani pendidikan magister di bidang Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ABI Surabaya, dan di bidang Hukum dari Universitas Negeri Surabaya (2013). Dari pengetahuan akademis dan pengalamannya di parlemen pula yang membuatnya mantap masuk ke Komisi III, yakni yang melingkupi bidang Hukum, HAM, dan Keamanan.

Yayuk lolos ke Senayan dengan suara jumlah 34,291, menjadi salah satu dari empat legislator perempuan Fraksi NasDem yang hadir sebagai Srikandi Perubahan di DPR-RI. Konsep-konsep seperti kesetaraan di hadapan hukum atau terjaminnya perlindungan terhadap hak azasi manusia Indonesia, merupakan keadaan yang ingin diwujudkan oleh Yayuk bersama Fraksi NasDem di DPR-RI. Karena persoalan kepastian hukum dan perlindungan HAM merupakan kebutuhan dasar yang harus didapatkan oleh setiap warga negara Indonesia, demi terwujudkan Indonesia yang adil dan beradab.

Melalui parlemen, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Ngawi ini gerakan besar dalam merestorasi Indonesia dapat mewujudkan kehidupan yang lebih adil, sejahtera, demokratis dan berdaulat, melalui kerja keras semua anak bangsa.

 

Yayuk Sri Rahayuningsih berdomisili di Jl. MT. Haryono No. 25, RT 002/010, Jujurejo, Ngawi, Jawa Timur.